Memasukkan Ayat N Terjemah Al Qur'an Dalam Dokumen Tanpa Ngetik, Bundel Al Qur'an Untuk HP, N Terjemah AlQur'an.

Nie aplikasi yg sangat membantu, Walo dah ngga' baru, but masie usefull dech.

Kdng2 kita nyusun dokumen (entah itu makalah, skripsi, artikel, khutbah, dll) dimana disana kita perlu masukin ayat Al Qur'an atau sekalian dengan terjemahnya. Kan repot kalau mesti ngetik huruf Arab dg terjemahnya. Naah, aplikasi ini bener2 bikin ringan pekerjaan dan bikin tenang pikiran .. hi .. hi ... Aq sih dapetnya dari www.ebsoft.com (gak tau ebsoft dapet darimana).

Nah, pake aplikasi unik ini, temen2 bisa langsung menyisipkan ayat dan terjemah Al Qur'an tanpa repot2 ngetik lagi, sbb aplikasinya menyatu dengan menu bar yg ada di Ms Word. Tinggal kik tab bertitel Al Qur'an, lantas tampil kotak dialog. Pilih nama Surat, pilih ayat berapa sampai berapa, klik OK, langsung deh, ayat dan terjemahnya "njebul" ditulisan kita. Asyik kan ?

Nama aplikasi ini adalah Qur'an In Word. Situs yg mengorbitkannya www.myquran.org. sedangkan yang bikin adalah anak Depok yg diberi nama M. Taufik sama bapak emaknya (Kalo nama bapak emaknya si Taufik Aq ga tau).

Terjemah ayat Al Qur'an di aplikasi ini juga macem2. Ada yang Inggris, Indonesia, Malaysia, Spanyol, Prancis, Persia, dll. Asal tahu, ya ... untuk menginstal terjemahnya, kamu cukup mengekstrak file html ini ke folder dimana kamu menginstal Qur'an In Word. Asal tahu juga, bahwa sesungguhnya file terjemah ini dikemas dalam bentuk zip. Jadi kalo mau pakai, ya diekstrak dulu (kayak ginseng), Jaadi deh !

Sekedar pandangan pertama, pd screenshot di atas, kamu liatin 'kan ada teks ayat Al Qur'an (yg berhuruf Arab itu) ? Nah, tuh ayat Sarah nggak ngetik, tapi ngeklik. Sedangkan pada tanda lingkaran diatas (dlm screenshot itu) adalah program Qur'an In Word yg langsung nempel ke Ms Word (kayak prangko) persis mirip kayak plugin di Photoshop.
Ada tiga file yang Sarah beri disini :

1. Main Program Qur'an In Word. Download Klik disini

2. Terjemah Bhs. Indonesia, download Klik Disini

3. Terjemah Bhs. Inggris, download Klik Disini

Untuk mendownload terjemah2 dlm bhs yang lain, silahkan mengunjungi alamat yang telah Aq sebutin Klik disini.
Caranya berkunjung kesana bisa lewat Depok, Bekasi, Bogor, aaaah... terserah mau lewat mana kek ! yang penting nyampe ke situs itu tadi.

Kalo mau aplikasi Terjemah Al Qur'an tapi tanpa teks Arabnya, silahkan klik disini.

Ini aplikasi mungil yang sifatnya "Klik Jalan" alias tanpa istall, jadi dia bersifat portabel gitu loh. Aplikasi ini dilengkapi dengan fasilitas pencarian ayat, copy paste, dan save (semacam bookmark). tentang siapa yang bikin Sarah gak tau, cari aja sendiri di situs itu tadi ! (moga-moga masih buka situsnya)

Daan .... terakhir, ni Aq kasih bundel Aplikasi Al Qur'an Mobile, yaitu aplikasi Al Qur'an yang dipake untuk HP. Ekstensinya file Jad dan Jar. So, dia bisa diinstal utk HP yang mendukung Java ato Symbian (termasuk yang mendukung Sarah).

Namanya bundel, ya berarti lengkap-lah ! ... sejak dari Tafsir, Pocket Qur'an, Terjemah Al Qur'an, Indeks Al Qur'an, komplit plit plit !. Ini dimaksudkan agar masyarakat dapat menghemat biaya download daripada harus download satu persatu.
Setuju ? Kalo setuju silahkan Klik Disini untuk bundel aplikasi Al Qur'an Mobile.

Udah dulu, deh ! Daa daaaah,
eh ....
Assalamu'alaikum Wr. Wb.

About this blog

Ucapan makasih aq persembain buat Pa Iyalucu (namax aneh bngt) and Kang Rohman yg udah ngajarin bnyk bwt ngeblog di dunia antah berantah. N bwt semua temen2 yg udah donor darah n nemenin Sarah n memberi motivasi shg idup jadi lbh bersemangat kala duka jd hantu hati n jiwa.
Semoga persahabatan qta senantiasa di jamin oleh Allah mendapatkan rahmat Nya n masuk surga Jannatun Na'im nanti di hadapan Nya. Amin Allahumma Amin.